Rabu, 15 Oktober 2008

Ponsel Jadi Alat Pendeteksi Bom


Indiana - Ancaman serangan bom oleh teroris mengkhawatirkan banyak pihak. Berbagai macam cara telah diupayakan untuk mencegahnya termasuk juga dengan media ponsel yang saat ini jumlahnya amat banyak.

Dilansir Phone Reviews dan dikutip detikINET, Selasa (7/10/2008), para akademisi di Purdue University, Amerika Serikat tengah membesut teknologi pendeteksi bom yang bisa dibenamkan dalam telepon genggam. Jadi cukup dengan membawa ponsel, orang bisa tahu jika di suatu tempat terdapat bom.

Dalam proyek bertajuk 'Distributed Nuclear Detection by Ubiquitous Cell Phone' tersebut, ponsel nantinya bisa dipakai untuk mengendus keberadaan bom. Teknologinya diklaim memungkinkan ponsel mengetahui adanya bom melalui radiasi yang dipancarkan bom tersebut.

"Sistem pendeteksi yang paling efektif tentunya adalah yang semurah mungkin. Ratusan ribu atau bahkan jutaan orang akan membawa sensor ini di dalam ponsel mereka," beber Andrew Longman selaku pemimpin proyek itu.

Proyek pendeteksi bom via ponsel ini memang masih berada dalam tahap permulaan, namun terus berkembang dari tahap awal di mana tersangka pembawa bom dapat dilacak. Pihak Purdue University pun tengah berupaya melobi parlemen Amerika Serikat sehingga industri telekomunikasi dan para pengguna ponsel dapat berpartisipasi aktif dalam pengembangannya.
Dikutip dari detik-inet.com

Tidak ada komentar: